PERJANJIAN PERDAMAIAN (Dading)-[Pasal 1851-1864 KUH Perdata]

Perdamaian ialah suatu persetujuan yang berisi bahwa dengan menyerahkan, menjanjikan atau menahan suatu barang, kedua belah pihak mengakhiri suatu perkara yang sedang diperiksa pengadilan ataupun mencegah timbulnya suatu perkara. (s.d.u. dg. S. 1925- 525.) Persetujuan ini hanya mempunyai kekuatan hukum, bila dibuat secara tertulis.
Syarat-syarat perjanjian perdamaian ialah:

1. Harus dibuat secara tertulis
2. Kedua belah pihak harus mempunyai hak menguasai atas segala benda yang termasuk dalam persetujuan perdamaian tersebut. Karena harus ada perselisihan antara kedua nelah pihak, maka tidaklah ada perdamaian jika kedua pihak dalam pembicaraan atau membentuk suatu persetujuan tawar- menawar yang pada akhirnya mencapai suatu perjanjian, yang mana masing-masing pihak melepaskan sebagian dari yang ditawarkan semula. Perdamaian juga dianggap tak ada jika kedua belah pihak ragu-ragu tentang suatu hal. Juga tidak ada perdamaian jika salah satu pihak dalam suatu perkara mengalah seluruhhnya dengan mengakui tuntutan pihak lawan seluruhnya.

Mengenai pembatalan suatu perdamaian ialah sebagai berikut:
1. Pembatalan suatu perdamaian dapat dituntut apabila ada salah pengertian tentang keadaan suatu dasar hak, yaitu kedua belah pihak mengira suatu dasar adalah sah sedangkan sebetulnya dasar hak itu tidak sah, kecuali apabila perdamaian justru khusus diadakan untuk menghilangkan keragu-raguan tentang sah ata tidanya dasar hak itu.
2. Kemungkinan juga membatalkan perdamaian jika perdamaian didasarkan pada surat-surat yang ternyata palsu.
3. Pembatalan suatu perdamaian tentang suatu perselisihan, yang pada waktu itu telah diselesaikan dengan keluarnya putsan hakim, yang sudah inkra dan tidak diketahui oleh kedua belah pihak. Jika hanya ada kekeliruan dalam hal memperhitungkan hak sasuatu saja, ini tidak dapat mengakibatkan pembatalan perdamaian, dan kekeliruan tersebut harus diperbaiki

REFERENSI :
http://www.google.com

Tinggalkan komentar

Filed under ASPEK HUKUM DALAM EKONOMI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s