Acuan Hak atas Kekayaan Intelektual (Hak Moral versus Hak Ekonomi)


·Hak Moral (dianut oleh Eropa)

Hak moral dalam hak atas kekayaan intelektual bertujuan memberikan perlindungan moral terhadap suatu karya seni atau teknologi dan penciptanya termasuk larangan terhadap pengubahan dan fragmentasi suatu karya. Hak moral ini menekankan nilai pentingnya keaslian suatu karya cipta.

·Hak Ekonomi (dianut oleh Amerika Serikat)

Sama halnya dengan hak moral, hak ekonomi dalam hak atas kekayaan intelektual bertujuan memberikan perlindungan terhadap suatu karya seni atau teknologi dan penciptanya. Akan tetapi di sini, yang lebih ditekankan adalah perlindungan terhadap kerugian ekonomi yang diderita oleh penciptanya (misalnya pembajakan).

Fair Use (Kewajaran)

Prinsip yang juga berkaitan dengan hak atas kekayaan intelektual adalah fair use (kewajaran). Prinsip ini berkaitan dengan nilai etika dan moral dari suatu tindakan. Misalnya, memperbanyak suatu karya cipta yang dilindungi, misalnya buku, dengan tujuan edukasi masih ditoleransi asal tanpa tujuan komersialisasi, misalnya dengan menjual hasil perbanyakan.

Selain itu, dalam penggunaan karya cipta pihak lain untuk karya cipta sendiri pun diperlukan ada acknowledgement terhadap pencipta karya tersebut. Caranya adalah dengan mencantumkan sumber dalam tulisan yang menggunakan sumber luar.

Yang berkaitan juga dengan fair use (kewajaran) adalah public performance dari karya cipta pihak lain, misalnya di tempat umum atau media massa (televisi dan radio). Hak penampilan umum yang dimiliki oleh pencipta karya, misalnya lagu, bukan berarti karya tersebut tidak boleh diperdengarkan di tempat umum oleh pihak lain. Boleh saja, tetapi ada aturan agar pemutarannya legal. Ada lembaga khusus yang mendata rekor pemutaran suatu lagu secara umum demi menjaga hak cipta penciptanya.

REFERENSI :

http://www.google.com

Tinggalkan komentar

Filed under ASPEK HUKUM DALAM EKONOMI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s